Desa Plorengan

Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara
Provinsi Jawa Tengah   3304182015

Jalan Desa Plorengan RT 001 RW 001   081373133255   53458  
plorengan.desa@gmail.com    https://plorengan-banjarnegara.desa.id

auto

auto

auto

auto

auto

auto

auto

auto

auto

auto

auto

auto

  Selamat datang di wabsite resmi Desa Plorengan, silahkan hubungi Admin Untuk Layanan Mandiri  
  • RISNO

    Kepala Desa

  • SABARNO

    Sekretaris Desa

  • MUHAMAD AGUS MUAHOR

    Kepala Urusan Keuangan

  • CASMO

    Kepala Urusan TU dan Umum

  • JAMIL

    Kepala Urusan Perencanaan

  • NIAT

    Kepala Seksi Pemerintahan

  • BAMBANG

    Kepala Seksi Kesejahteraan

  • TOWIYAH

    Kepala Seksi Pelayanan

  • KUSWORO

    Kepala Dusun 1

  • DASURI

    Kepala Dusun 2

  • SAHID

    Kepala Dusun 3

  • MAHBUL SUGI P

    Kepala Dusun 4

Scan LinkBrowser



Scan APK

 

152 viewer

Pengunjung Website Hari Ini

52.41 %
Kemarin 290 viewer

router OpenSID™ versi 22.03

  • lock Login SID
    Halaman Administrator

  • keyboard Login Layanan Mandiri
    Surat-menyurat secara daring

  • phone Kontak Aparatur Desa
    Telepon, SMS, dan Whastapp

LAPORAN HASIL PENDATAAN SDGs DESA TAHUN 2021

02 Jun 2021 11:26:21 1.604 Kali

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

salam sejahtera buat kita semua

Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan KaruniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan kegiatan Pendataan SDGs Desa Tahun 2021 di Desa Plorengan Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara.

Tak lupa pula kami haturkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam proses pendataan khususnya kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta teristimewa buat semua anggota Pokja Pendataan SDGs Desa.

Laporan Hasil Pendataan SDGs Desa ini kami susun berdasarkan tahapan kegiatan sebagai berikut :

  1. Sosialisasi SDGs Desa;
  2. Rapat awal persiapan pendataan SDGs Desa dan Pembentukan Pokja Pendataan dan Pemutakhiran Data Desa Tahun 2021 melalui Keputusan Kepala Desa;
  3. Pembekalan Pokja Pendataan dan Pemutakhiran Data Desa Tahun 2021;
  4. Registrasi Pokja terdiri atas Admin Desa dan Enumerator;
  5. Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa;
  6. Rapat Evaluasi kegiatan Pendataan SDGs Desa;
  7. Rapat akhir pelaksanaan Pendataan SDGs Desa; dan
  8. Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa.

Hasil pelaksanaan Pendataan SDGs Desa yang dapat kami laporkan terdiri dari Survey Desa, Survey Rumah Tangga, Survey Keluarga dan Survey Individu dengan Uraian sebagai berikut :

  1. Survey Desa

Jumlah unsur Pemerintah Desa yang telah didata sebanyak 12 (dua belas) Orang, Jumlah unsur BPD yang telah didata sebanyak 7 (tujuh) Orang, serta data : Lokasi Desa, Pemerintahan Desa, Musyawarah Desa, Regulasi, APBDesa, Aset Desa, Layanan, Kerjasama, Lembaga Kemasyarakatan Desa, BUMDesa, Unit Usaha BUMDesa serta Infrastuktur dan lainnya.

     2. Survey RT

Jumlah RT yang telah didata sebanyak 16 (enambelas) RT dan 5 (lima) RW, serta data Deskripsi Lokasi, Pengurus RT/RW, Lembaga Ekonomi, Industri, Sarana Ekonomi, Fasilitas Ekonomi, Infrastruktur, Lingkungan, Bencana, Mitigasi Bencana, Sarana Pendidikan, Kesehatan, Kejadian Luar Biasa, Agama/Sosbud, Lembaga Keagamaan, Lembaga Kemasyarakatan, Keamanan, Tindak Kejahatan dan Kegiatan Warga.

     3. Survey Keluarga

Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 1.023 (seribu duapuluh tiga) KK, serta data Diskripsi Lokasi, Akses Pendidikan, Akses Kesehatan, Akses Tenaga Kesehatan, Akses Sarana Prasarana, dan lain-lain.

     4. Survey Individu

Jumlah individu yang telah didata sebanyak 3.580 (tiga ribu limaratus delapanpuluh) jiwa, serta data Individu, Pekerjaan, Penghasilan, Kesehatan, Disabilitas dan Pendidikan yang dilakukan dengan metode by Name by Address.

Masalah dan Kendala dalam Kegiatan Pendataan

  1. Singkatnya waktu pendataan sehingga hasil pendataan kurang maksimal.
  2. Sosialisasi dari Kabupaten kepada Pemerintah Desa terlambat dan kurang maksimal sehingga mengurangi waktu pelaksanaan pendataan.
  3. Aplikasi SDGs untuk enumerator yang sering bermasalah dan berganti versi sehingga mengganggu proses entry data dan upload data.
  4. Menu edit pada dashboard api-sdgs.kemendesa.id bermasalah, sehingga admin desa tidak dapat mengakses hasil upload data dari enumerator dan membutuhkan waktu lama untuk menghapus data ganda.
  5. Halaman admin desa tidak dapat di akses, sehingga tidak dapat mengecek hasil upload data dari enumerator.
  6. Terdapat perbedaan antara isian data kuisioner manual dengan isian dalam aplikasi SDGs Desa, sehingga menyulitkan proses entry data.
  7. Upload data tidak praktis (dilakukan satu demi satu) sehingga memakan waktu yang lama.
  8. Kurangnya peralatan pendukung (HP Android, Laptop/Komputer).

Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL)

  1. Hasil input data secara detail dan rekomendasi perbaikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dalam SDGs Desa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa, pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi, kementerian dan lembaga, perguruan tinggi, swasta dan lembaga swadaya masyarakat, dapat dilihat secara elektronik melalui Sistem Informasi Desa yang Pengolahan dan Analisis data SDGs Desa dilakukan dan dikembangkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk selanjutnya dapat dijadikan pijakan dan rujukan bagi desa khususnya untuk perencanaan pembangunan desa kedepan baik RPJM Desa maupun RKPDesa
  2. Pokja Pendataan Desa wajib melakukan pendalaman terhadap hasil pendataan, dan apabila masih ditemukan kekeliruan akan dilakukan perbaikan hingga diterbitkannya Surat Keputusan Kepala Desa tentang Data Desa berbasis SDGs Desa.
  3. Upload data SDGs Desa diselesaikan selambat-lambatnya 30 hari dari tanggal Berita Acara ini dibuat, dengan catatan: sepanjang aplikasi dan dashboard SDGs Desa dari Pusdatin Kemendes PDTT bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya tentu kami berharap adanya Saran dan Petunjuk Serta Arahan Lebih Lanjut dari pihak terkait sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan Pendataan SDGs Desa di Desa Plorengan yang tentunya masih jauh dari sempurna. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dibutuhkan rekomendasi tindaklanjut oleh Pemerintah Desa agar kiranya hasil pendataan ini dapat lebih valid dan terukur serta dilakukan pemutakhiran setiap tahun.

Akhirnya, apabila dalam pelaksanaan Pendataan SDGs di Desa Plorengan masih ada kekurangan dan ada hal yang kurang berkenan kami mohon maaf yang setulus-tulusnya. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan kepada kita semua. Aamiin.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuhu

 

Kelompok Kerja

Pemutakhiran Data SDGs

Desa Plorengan

Ketua

 

 

 

SABARNO

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  Ganti Kode  

SID Desa - Jateng

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:152 visitor
Kemarin:290 visitor
Total Pengunjung:99.815 visitor
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.229.124.74
Browser:Tidak ditemukan
Alamat : Jalan Desa Plorengan RT 001 RW 001
Desa : Plorengan
Kecamatan : Kalibening
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53458
Kd.Wil Adm. : 33.04.08.2010
Telepon : 081373133255
Email : plorengan.desa@gmail.com

event Agenda


  • Belum ada agenda

message Komentar Terkini

  • person Parso

    date_range 30 Juni 2020 19:06:04

    Mantap Sejarah Desanya Bung..

folder Arsip Artikel